Dok. Musrenbangdes Pagerwangi

PAGERWANGI.DESA.ID – Pada kamis 14/01/2021, Pemerintah Desa Pagerwangi mengadakan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (MUSRENBANGDes) di Pendopo Balaidesa Pagerwangi.

Dalam acara tersebut, dihadiri oleh seluruh unsur pemerintah desa, baik BPD, LPMD, RW, RT, dan juga tokoh perempuan. Selain itu, dalam acara juga dihadiri oleh Kasi PMD Kecamatan Balapulang dan juga pendamping desa.

Berdasarkan arahan dari PemKab. Tegal, bahwa disebabkan karena ditahun 2021 pemerintah masih fokus penggunaan anggaran dalam rangka penanganan covid19 dan pemulihan ekonomi masyarakat, maka untuk Musrenbang tahun 2021, Pemerintah Desa Pagerwangi hanya menyepakati hasil usulan yang telah dilaksanakan di tahun sebelumnya (2020) yang kemudian akan dilaksanakan pada tahun 2022.

Peserta Musrenbangdes Desa Pagerwangi

Usulan tahun 2020 sejatinya dilaksanakan pada tahun 2021. Namun dikarenakan kondisi masih dalam situasi pandemi, anggaran yang awalnya direncanakan untuk pembangunan masih difokuskan untuk penanganan covid19.

Dalam sambutannya, Sugiharto selaku kasi PMD Kecamatan Balapulang menyampaikan, “agenda tahun ini, seluruh desa di kecamatan balapulang hanya menyepakati hasil musrenbangdes tahun sebelumnya dikarenakan pemerintah masih fokus dalam penanganan covid dan pemulihan ekonomi masyarakat”.

Selain itu, Kepala Desa Pagerwangi juga menyampaikan terkait RAPBDes 2021, dalam rangka mendukung program pemerintah pusat, penggunaan Dana Desa juga rencananya akan difokuskan dalam Bantuan Langsung Tunai. “Tahun ini pembangunan di tingkat desa yang di danai Dana Desa juga masih difokuskan pada Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk masyarakat, jadi usulan warga yang belum terealisasi kemungkinan ditahun ini juga tidak terserap seluruhnya”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *