Sabilillah Ardie saat membuka acara program padat karya tunai Desa Pagerwangi

PAGERWANGI.DESA.ID – Dihadiri dan dibuka langung oleh Wakil Bupati Tegal Sabilillah Ardie, B.Sc, Program Padat Karya Tunai Desa Pagerwangi Tahun Anggaran 2020 resmi dilaksanakan [22/09/20].

Dalam sambutannya, Waluyo selaku Kepala Desa Pagerwangi menyampaikan rasa terima kasih kepada pemerintah daerah atas dukungannya dalam salah satu program pembangunan desa Pagerwangi tahun 2020 ini.

“Kami berterima kasih atas dukungan pemerintah Kabupaten Tegal atas terlaksananya program padat karya pembuatan jalan di area wisata bukit Rangkok,” tutur Waluyo

Selain itu dalam sambutan beliau mengungkapkan, 50 warga lebih pekerja dari warga desa pagerwangi terserap dalam program PKTD tersebut. “Jalan yang tembus Desa Sesepan ini merupakan cita-cita dari para sesepuh yang nantinya akan memudahkan masyarakat atau wisatawan menuju wisata bukit Rangkok.

Panjang jalan yang akan di buat yakni 350 meter dengan lebar 4 meter sesuai dengan batas desa Pagerwangi dan Sesepan.

Dalam pembangunan jalan tersebut, lanjut dia, setiap hari akan dipekerjakan sekitar 20 warga dengan nilai upah Rp. 80.000. Anggaran pembangunan  sekitar Rp 77 juta lebih yang berasal dari Dana Desa (DD) dengan target pelaksanaan satu bulan.

“Dengan adanya program ini, bisa membantu perekonomian masyarakat yang terdampak COVID-19,” tutur Waluyo.

Wakil Bupati Tegal, Sabilillah Ardie B.Sc yang juga hadir dalam peresmian program padat karya mengungkapkan, pendekatan pembangunan padat karya seperti ini adalah ruh dari UU Desa. Dana Desa digunakan agar ekonomi desa bisa berkembang.

Ardie menambahkan,  mekanisme kegiatan padat karya tunai dari Dana Desa harus ada musyawarah desa. Dan ditetapkan di APBDes.  Dalam proses perencanaan dibantu oleh TA dari Kemendes,  pendamping desa dan kecamatan.

GALERI:

Editor: Evant Andi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *