Pembukaan Bursa Inovasi Desa

Pagerwangi.desa.id РAcara Bursa Inovasi Desa yang dilaksanakan Rabu (10\7) di Desa Pagerwangi, merupakan agenda kunjungan kerja Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi. Menteri yang sedianya hadir, diwakilkan kepada Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat  Taufik Madjid. Dalam acara tersebut juga di luncurkan paket desa wisata dan desa digital Desa Pagerwangi. Ditemui Asisten Bidang Pemerintahan Dadang Darusman, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh para pendamping desa serta Kepala Desa se-Kecamatan Balapulang.

“Kegiatan seperti ini cukup penting, karena di era revolusi industri 4.0 ini desa sudah harus bisa memetakan kekuatan dan menempatkannya sebagai potensi” kata Dadang membacakan sambutan Bupati Tegal. Karena untuk mengatasi tantangan ke depan, desa harus jeli menangkap peluang.

Dadang menambahkan, inovasi desa tidak hanya terbukti menciptakan produk unggulan, tetapi juga mampu menciptakan kolaborasi dengan berbagai pihak. Ia mengambil contoh Desa Wisata Cempaka Kecamatan Bumijawa, yang mampu menjalin kerjasama dengan BUMD. 

Menurut Dadang, inovasi desa juga dapat diwujudkan menjadi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai unit bisnis, disamping menjadi kegiatan ekonomi produktif juga menumbuhkan kemampuan wirausaha di masyarakat. Hal ini akan menjadi daya tarik pemuda untuk kembali ke desa, pungkas Dadang.

Kepala Dispermades dan Dukcapil Jawa Tengah Sugeng Riyanto yang hadir di acara tersebut, lebih menyoroti Sumber Daya Manusia (SDM). Ia melihat Desa Pagerwangi kedepan menjadi jujugan wisata domestik maupun internasional. Pertanyaanya ialah SDM Desa Pagerwangi siap apa tidak untuk lompatan inovasi. Karena akan sia-sia aset yang ciamik ini tidak diikuti dengan peningkatan SDM yang mumpuni, ujar Sugeng.

Tinggalkan Balasan