Sambutan Wakil Bupati Tegal pada Deklarasi ODF 14/02/2019

Pagerwangi.desa.id – Wakil Bupati Tegal Sabilillah Ardie membuka acara Deklarasi ODF (Open Defecation Free) di pendopo kantor Balaidesa Sesepan Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal, Kamis 14/02/2019. Pada deklarasi ODF kali ini meliputi tiga desa, yaitu Desa Pagerwangi, Desa Sesepan dan Desa Sangkanjaya.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh Kepala Desa terkait, Plt.Camat Kecamatan Balapulang Bapak Fakihurrokhim, S.Sos,Mm, Danramil Balapulang Kapten Infanteri Saro’i, Tim Kesehatan dari Dinas Kesehatan, Bhabinkamtibmas Desa Sesepan dan warga masyarakat.

Peserta ODF Kecamatan Balapulang

Inti dari deklarasi tersebut adalah menciptakan suasana lingkungan yang bersih dan sehat serta bebas dari buang air besar sembarangan dimana semua rumah semuanya diharuskan mempunyai jamban sehingga warga tidak lagi ada yang BAB di sembarang tempat terutama di sungai guna menghindari berbagai macam penyakit yang disebabkan sanitasi lingkungan yang kurang baik.

Selain ketiga desa tersebut, ada dua desa yang akan segera menyusul mendeklarasikan ODF pada bulan berikutnya (maret). Desa tersebut yaitu Tembongwah dan Desa Banjaranyar.

Penandatanganan Deklarasi ODF Oleh Wakil Bupati Tegal

Plt Camat Balapulang Fakihurrokhim menyebut, kelima desa itu dinilai sudah layak menyandang gelar status ODF. Fakihurrokhim juga menyampaikan, selain itu juga ada 15 desa lainnya yang ditargetkan tercapai ODF di sepanjang 2019.

“Namun, tiga desa itu akan mendeklarasikan terlebih dahulu. Harapannya, ini bisa sinergi antarlini. Tahun ini, kami menargetkan semua desa di Kecamatan Balapulang ODF,” seru Fakihurrokhim kepada masyarakat.

Kepala UPTD Puskesmas Kalibakung Suyitno siap mendorong terwujudnya harapan tersebut agar masyarakat makin menjaga pola hidup sehat melalui bebas BAB sembarangan. Suyitno berujar, melalui program sanitasi total berbasis masyarakat (STBM), pihaknya dapat mempermudah mewujudkan ODF.

Penyerahan Sertifikat ODF

” Ya, ODF ini akan berlangsung juga ke pola hidup sehat. Sebab, Indonesia diklaim peringkat ke-2 di dunia sebagai negara bersanitasi buruk,” papar beliau. [admin]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *